Pengukuhan Dewan juri MTQ XL Provinsi Riau, Afrizal Sintong : menjaga toleransi antar sesama

ROKANTV.COM, Rokan Hilir – pemerintah kabupaten Rokan hilir menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XL tingkat Provinsi Riau, yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli sampai 31 Juli.

Sebelum pembukaan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau, dilakukan terlebih dahulu malam taaruf dan pelantikan majelis hakim MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau, yang berlangsung di halaman rumah dinas Bupati Rohil, Sabtu (23/7/2022) malam

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau Syamsuar mengukuhkan dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XL Provinsi Riau tahun 2022 yang diselenggarakan di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Selain pelantikan dewan hakim MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau, dalam kesempatan itu, juga sekaligus dilaksanakan malam taaruf bersama panitia, majelis hakim, peserta serta semua pihak yang terlibat dalam MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau.

Gubernur Riau menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya dewan hakim MTQ tahun 2022 Ia meyakini, dewan hakim yang baru saja dilantik memiliki kualitas dalam bidangnya masing-masing, serta mampu memberikan penilaian objektif terhadap semua peserta MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Riau ini, penilaian yang objektif dan transparan sangat diperlukan, agar kualitas MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Rohil ini memiliki kualitas sebagaimana yang diharapkan.

Oleh karena itu, ia menyebutkan memang tidak bisa tidak memiliki kualitas, dewan hakim MTQ tingkat Provinsi Riau harus sejajar dengan dewan hakim nasional, agar standar pemenangnya juga sama dengan yang ditetapkan pusat.

Ia menyebutkan, pada pelaksanaan MTQ tahun lalu di Maluku Utara Provinsi Riau memiliki prestasi yang cukup baik. Oleh karena itu, ia berharap nantinya melalui MTQ tingkat Provinsi Riau ini dapat melahirkan potensi-potensi baru yang lebih baik lagi.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Rohil, Afrizal Sintong menyampaikan ucapan selamat datang kepada para qori dan qoriah terbaik utusan dari masing-masing kabupaten kota di Riau.

Afrizal Sintong mengatakan, sebagaimana dimaklumi bersama bahwa keberadaan malam ta’aruf adalah malam perkenalan peserta MTQ yang sarat dan makna kebersamaannya.

Ia menerangkan, momentum taaruf ini selain sebagai bentuk penghormatan kepada para kafilah, juga sebagai ajang mempererat Islamiyah, silaturahmi, juga simbol persatuan dan kebersamaan, hidup damai, persatuan yang erat, rukun dan harmonis sebagai bingkai toleransi.B

Bupati Rohil juga menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Rokan hilir, bermohon maaf yang sebesar-besarnya, jika dalam rangka penyambutan maupun penyediaan tempat tinggal, serta masalah teknis lainnya yang tidak sesuai dengan harapan kita semua pihak.

Ia berharap segala kekurangan yang ada di maafkan dan dapat dimaklumi, sehingga dapat dijadikan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Dia juga mengucapkan rasa terimkasih kepada Gubernur Riau yang sudah mempercayai kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau. (Advetorial)