Langsung turun cek Kondisi Banjir, Bupati Rokan Hilir Ajak DLH, Camat dan Penghulu saling kerjasama lakukan Normalisasi

ROKANTV.COM, Rokan Hilir – Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan ini mengakibatkan sebagian wilayah di ibu kota Rokan Hilir Bagan siapi-api, mulai digenangi air.

Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong- H Sulaiman secara langsung turun untuk melakukan pemantauan di beberapa lokasi banjir yang terjadi, Pada Rabu (29/9/2021).

Bupati, Afrizal Sintong menjelaskan Dalam pelaksanaan normalisasi maupun pelebaran kanal nantinya , pemerintah daerah akan memberikan ganti rugi jika ada tanaman maupun rumah warga yang terdampak.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa seluruh karyawan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan dikerahkan untuk membersihkan seluruh saluran air maupun drainase yang tersumbat dan meminta Camat, Lurah serta Penghulu untuk berupaya dalam mengatasi banjir serta memberikan informasi daerah mana yang perlu di normalisasi.

Terhadap masyarakat yang terdampak banjir, Bupati juga mengatakan akan memberikan bantuan berupa sembako yang akan disalurkan oleh Gerakan Milenial Rohil Bangkit (GMRB) ke rumah-rumah warga.

Sementara itu, Wakil Bupati H Sulaiman menambahkan, antisipasi banjir sebenarnya telah dilakukan sejak bulan Juli yang lalu dengan menggerakkan alat berat dalam melaksanakan normalisasi.

Namun  karena curah hujan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan terjadinya banjir.

Dalam peninjauan banjir tersebut, juga tanpa dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Plt Kadis PUTR Budiman, Kadis DLH Suwandi serta Kepala BPBD Hari D Putra,*( Syawal ).